DIKLAT HMP BIMBINGAN DAN KONSELING

Yogyakarta, 12-13 Mei 2018 telah dilaksanakan Pendidikan dan Latihan Himpunan Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta yang mengusung tema “Menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang sinergis” merupakan cara pertama dari serangkaian kegiatan HMP BK Universitas PGRI Yogyakarta yang diadakan oleh Divisi PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa).

Acara ini dibuka oleh Ketua HMP BK UPY tahun 2018/2019 M. AssaduBaido, dan dihadiri oleh Bapak Eko Perianto M.Si selaku Kaprodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta, dalam sambutannya, beliau menyebutkan akan pentingnya pelatihan organisasi khususnya Himpunan Mahasiswa Prodi yang merupakan wakil dari seluruh mahasiswa prodi bimbingan dan konseling untuk menjadikan HMP BK UPY lebih baik dari tahun sebelumnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 12-13 Mei 2018 di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta, dimanaagenda yang pertama membahas tentang pemantapan program kerja setiap divisi, kemudian malam harinya dilanjutkan materi oleh Bapak Narariya Rahardian Budiono M.Pd yang merupakan Kaprodi BK Universitas Teknologi Yogyakarta dengan tema “Kepemimpinan yang Sinergis”. Materi yang disampaikan juga membahas strategi dan teknik yang dilakukan dalam berorganisasi untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

Setelah materi, dilanjutkansharing dengan kakak alumni HMP yang dapat menginspirasi dan memberikan pelajaran untuk mahasiswa yang masih aktif sehingga menjadikan pelajaran, yang baik akan ditingkatkan, dan yang kurang baik akan diperbaiki agar tidak mengulangi kesalahan yang sama

Pagi harinya diadakan senam pagi yang diikuti seluruh peserta yang terlihat semangat dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan, kemudian dilanjutkan outbondyang bertujuan untuk lebih saling mengenal dan saling mengakrabkan satu sama lain. Dalam outbond tersebut dibagi menjadi 4 pos yang mana setiap pos memberikan satu permainan yang didalamnya memberikan pesan dan pelajaran yang dapat kita ambil untuk bekal dalam berorganisasi, diantaranyakerjasama yang baik untuk mencapai satu tujuan, kekompakan, konsentrasi dan juga tanggung jawab.

Dengan diadakannya pelatihan oragnisasi ini diharapkan bisa melatih kepemimpinan, menejemen organisasi, dan melahirkan kader-kader yang dapat aktif dan bertanggung jawab di Himpunan Mahasiswa Prodi BK Universitas PGRI Yogyakarta.

 

Leave a Reply

*