G-COUNTEST #3 2021

G-COUNTEST atau Guidance and Counseling Countest adalah ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konselig (HMP BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Pada Selasa, 30 Maret 2021 di Laboraturium Multimedia (Studio Lantai 5), unit 1 Universitas PGRI Yogyakarta. Dengan mengusung tema umum “Membentuk Paradigma Calon Konselor yang Produktif di era Hybrid Working”. Diharapkan calon konselor tetap produktif dimassa pandemi ini dengan fleksibel tanpa terbatas ruang dan waktu. G-Countest ini merupakan kali ke-3 yang diselenggarakan oleh HMP BK dengan berskala Nasional, khusus untuk mahasiswa Bimbingan dan Konseling Se-Indonesia, dengan tiga cabang perlombaan yaitu:  Orasi Ilmiah Bimbingan dan Konseling, Video Edukasi, dan Poster. Acara G-Countest ini merupakan progam kerja devisi Jurnalistik dan ketua pelaksananya dari perwakilan anggota yaitu Arbiansyah Pramudya Ahzami.

Rangkaian acara G-Countest #3 yang panitia rangcang mulai dari pendaftaran yang dibagi menjadi dua gelombang, gelombang 1 dimulai pada tanggal 1 – 15 February 2021, sedangkan gelombang 2 pada tanggal 20 – 7 February 2021. Pengumpulan karya pada tanggal 13 Maret 2021. Masa Penjurian karya lomba pada tanggal 18 Maret 2021 yang dilaksanakan dikampus Universitas PGRI Yogyakarta unit 2 bersama juri yang telah panitia siapkan dari berbagai prodi. Yang pertama Lomba Poster dengan Juri 1 bapak Drajat Edy Kurniawan, M.Pd  dosen prodi BK dan Juri 2 bapak Bayu Ananta Wibowo, M.Pd dosen prodi Sejarah. Yang kedua Lomba Video Edukasi dengan Juri 1 bapak Firdiyan Syah, M.kom dosen prodi Teknik Informatika dan Juri 2 bapak Syahria Anggita Sakti, M.Pd dosen prodi PGPAUD. Yang ketiga Lomba Orasi Ilmiah Bimbingan dan Konseling dengan Juri 1 ibu Muncar Tyas Palupi, S.S, M.Hum dosen prodi PBSI dan Juri 2 ibu Herwinda Putri Daniswari, S.Pd, M.Pd dosen prodi BK.

               

Pengumuman Pemenang G-Countest #3 pada tanggal 30 Maret 2021 melalui via Zoom Meeting dan live streaming di YouTube upyTV. Pengumuman pemenang ini merupakan puncaknya acara G-Countest yang mana seluruh peserta dari berbagai Universitas ikut bergabung di Zoom Meeting untuk mengetahui siapa pemenang dari ketiga cabang lomba. Acara G-Countest dihadiri langsung oleh bapak Eko Perianto, M.Si selaku Kaprodi BK dan bapak Darsono, M.Pd selaku Dekan FKIP yang sekaligus membuka acara G-Countest #3 2021. Acara ini juga dimeriahkan oleh UKM Musik Jreng UPY dan tentunya dipandu oleh saudari Aprilia Waningrum selaku MC Formal, Reza Septianto dan Gigih Padantya selaku MC Non Formal.

                   

Pemenang Lomba dikompetisi G-Countest #3 2021 dengan kategori Lomba Orasi Ilmiah Bimbingan dan konseling, Juara 1 diraih oleh Novita Tri Hapsari dari Universitas Sebelas Maret,  Juara 2 diraih oleh Faza Kasyiva Az-Zahra dari Universitas Negeri Malang, dan Juara 3 diraih oleh Sinta Nalita S.R dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Kategori Lomba Poster, Juara 1 diraih oleh Nuri Cholidah Hanum dari Universitas Ahmad Dahlan, Juara 2 diraih oleh Hengki Tri Hidayatullah dari Universitas Negeri Malang, dan Juara 3 diraih oleh Mia Mei Wulan dari Universitas Nusantara PGRI Kediri. Dan kategori Lomba Video Edukasi, Juara 1 diraih oleh Sinta Aura Rokhmatillah (Ketua Tim) dan Dinda Putri Abadi (Anggota) dari Universitas Negeri Malang, sedangkan Juara 2 diraih oleh Nur Khotimatul Ulya (Ketua Tim) dan Moh Iqbal Maulana (Anggota) dari Universitas PGRI Semarang.

G-Countest #3 terbilang sukses acaranya dan dilihat dari kesimpulan kotak saran yang telah panitia buat untuk peserta itu banyak yang mengharapkan agar G-Countest #4 bisa diselenggarakan. Semoga kompetisi ini dijadikan ajang silahturahmi antar instansi dan dijadikan wadah untuk menuangkan bakat calon konselor yang harus tetep produktif dan berkarya dimasa pandemi ini. Selamat kepada para pemenang lomba, tingkatkan lagi untuk hasil yang lebih baik dan terimaksih kepada seluruh peserta G-Countest #3 yang telah ikut berpartisipasi dalam acara ini. Semoga tahun depan bisa bertemu secara langsung di G-Countest #4.

Tinggalkan Balasan

*