RANGKAIAN KEGIATAN DIES NATALIS PROGRAM SARJANA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UPY-36

Program Sarjana Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta akan memperingati hari lahirnya yang ke-36 pada tanggal 09 Maret 2020. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan dan dapat diikuti oleh mahasiswa, masyarakat, guru, dosen, siswa dan alumni, Berikut beberapa rangkaian kegiatan Dies Natalis yang akan datang:

Pertama, Piala Kaprodi, Piala Kaprodi merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh HMP Bimbingan dan Konseling  Universitas PGRI Yogyakarta. Tapatnya diselenggarakan pada 18 s/d 19 November 2019, kegiatan tersebut yaitu lomba Futsal antar kelas dan Malam Puncak. Kegiatan futsal tersebut tiap-tiap kelas mengirimkan satu team putra dan satu team putri, team putri sistemnya yaitu sistem gugur sedangkan team putra sistemnya grup. Selanjutnya kegiatan rutinitas setelah futsal berlangsung yakni malam puncak piala kaprodi yang merupakan malam pentas seni yang akan ditampilkan oleh tiap-tiap perwakilan kelas dan pembagian hadiah pemenang perlombaan futsal.

Kedua G-Countest #2. Guidance and Counseling Contest merupakan kegiatan kali kedua yang dapat diikuti oleh mahasiswa dan siswa. Setelah tahun 2018 sukses melaksanakan kegiatan G-Countest, kini kembali menyelenggarakan event ini dengan lebih meriah lagi pada bulan Desember 2019 sampai Februari 2020 yang akan datang, serangkaian kegiatan G-Countest terdapat beberapa mata lomba diantaranya lomba Orasi ke BK-an antar mahasiswa, kegiatan orasi tersebut mahasiswa menjelaskan tentang ke BK-an dan teori yang terdapat pada bimbingan dan konseling. Lomba Poster dan Lomba Video Edukasi, peserta mempresentasikan hasil karyanya, kemudian untuk lomba video edukasi akan diupload ke Youtobe agar dapat dilihat dengan mudah. Selanjutnya, untuk lomba poster tingkat mahasiswa dan SMA-SMK sederajat hasil karya peserta dapat dikirimkan melalui e-mail. Pemenang lomba poster dan video edukasi ini akan diumumkan ketika kegiatan seminar Nasional Bimbingan dan Konseling berlangung.

Ketiga Kuliah Umum. Kuliah umum merupakan kegiatan yang setiap tahun diselenggarakan oleh program studi Bimbingan dan Konseling. Hal tersebut dilakukan agar mahasiswa baru Bimbingan dan konseling mempunyai bekal mengenai materi perkuliahan yang ada diprogram studi Bimbingan dan Konseling. Kuliah umum juga dapat diikuti oleh mahasiswa di semester atasnya dan Kuliah umum akan dilaksanakan pada bulan Desember 2019. Melalui kegiatan kuliah umum ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi konselor/guru BK di sekolah yang profesional serta mampu menghadapi berbagai permasalahan yang ada.

Keempat Seminar Nasional. Seminar  Nasional merupakan seminar yang berskala Nasional yang menghadirkan beberapa NARASUMBER baik dari luar Kampus mahupun internal kampus. Rencana akan dilaksakana pada bulan Maret 2020 yang akan datang. Kegiatan Seminar Nasioanal ini dapat diikuti oleh masyarakat baik dosen, guru, mahasiswa pemerhati pendidikan dan masyarakat umum yang ingin memperluas pengetahuan dan informasi tentang keilmuan Bimbingan dan Konseling.

Kelima Bakti Sosial dan Donor Darah.  Kegiatan bakti sosial dan donor darah merupakan wujud dari rasa kemanusian antar sesama manusia yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020 yang akan datang. Kegiatan ini banyak sekali mengajarkan kita rasa kepedulian dan kepekaan untuk menolong yang membutuhkan uluran tangan. Sudah kewajiban untuk saling menolong selain medapatkan pelajara yang berharga, tolong menolong juga menjadi salah satu ladang amal ibadah. Melalui kegiatan ini teman-teman mahasiswa Bimbingan dan Konseling dapat bersedia untuk berbagi dan saling menolong yang membutuhkan.

Keenam, Sarasehan Keluarga Besar Prodi BK dan Temu Alumni Program Studi Bimbingan dan Konseling yang merupakan salah satu kegiatan untuk menjalin silahturahmi dengan alumni agar selalu terjalin hubungan baik dengan para alumni serta bertukar pikiran, saran ataupun pendapat untuk Program Studi Bimbingan dan Konseling kedepannya yang lebih baik lagi. Kegiatan sarasehan dan temu alumni Program Studi Bimbingan dan Konseling tersebut akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020 yang akan datang.

Rangkaian kegiatan di atas yang kami siapkan untuk acara dies natalis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Diharapkan semua mahasiswa BK dapat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan tersebut. Melalui rangkaian kegiatan ini program studi Bimbingan dan Konseling menyediakan wadah untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat teman-teman khususnya mahasiswa bimbingan dan konseling. Jadi jangan sia-sia kan kesempatan ini karena tidak akan ada kesempatan lainnya jika terus dilewatkan. Semoga melalui beberapa rangkaian kegiatan dies natalis Program Studi Bimbingan dan Konseling mampu menjadi guru Bimbingan dan Konseling di sekolah yang sesuai Jargon Program Sarjana Bimbingan dan Konseling yaitu SEMPURNA (Santun-Empatik- Menarik-Peduli-Unik-Rendah hati-Nasionalis-Agamis). (Waipah danYuliana/hmp-edit/ep).

Leave a Reply

*