Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernagara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Memiliki jiwa nasionalisme, KARAKTERKU, karakter kewirausahaan, dan semangat pengabdian dengan menerapkan nilai-nilai ke-PGRI-an.
Menguasai layanan konseling berbasis budaya, memberikan pelatihan pengembangan SDM berbasis kebutuhan dengan pendekatan perkembangan dan mengembangkan media BK berbasis kearifan lokal.
Pengetahuan
Menguasai konsep, teori, dan falsafah tentang berpikir logis, kritis, sistematis,kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau keilmuan dan teknologi bidang BK yang komprehensif dan memandirikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikanyang relevan, dengan memperhatikandan menerapkan nilai-nilai humaniora
Menguasai konsep, teori, metode dan prosedur manajemen layanan BK yang komprehensif dan memandirikan yang bersifat preventif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan Menguasai konsep, kaidah-kaidah , metode dan prosedur penjaminan mutu yang berdasarkan analisis kebutuhan
Menguasai paradigm ,teori, pendekatan, prosedur, dan teknik-teknik konseling dalam implementasi konseling individual dan kelompok dengan kondisi lingkungan dan tata nilai budaya Indonesia
Menguasai konsep, teori dan metode penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan- teknologi bimbingan dan konseling berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah serta implikasinya.
Menguasai layanan konseling berbasis budaya, memberikan pelatihan pengembangan SDM berbasis kebutuhan dengan pendekatan perkembangan dan mengembangkan media BK berbasis kearifan lokal.
Keterampilan
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis,kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ilmu humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan yang memperhatikan dan menerapkan ilmu humaniora yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi ,gagasan, desain atau kritik seni , menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun diluar lembaganya
Keterampilan Khusus
Trampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling
Trampil melaksanakan program layanan BK yang komprehensip dan memandirikan yang bersifat prevenif, developmental, kuratif dan preventif dalam jenis, jalur dan jenjang satuan pendidikan.
Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, dan trampil menerapkan teknologi informasi