Yogyakarta — Dalam upaya memperkuat relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan pendidikan terkini, Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) menyelenggarakan kegiatan Peninjauan Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) pada Selasa, 1 Juli 2025. Acara ini dilangsungkan di Ruang Multimedia, Kampus 1 UPY, dan diikuti oleh tim pengembang kurikulum, perwakilan stakeholder, serta para alumni yang kini aktif di dunia profesional. Kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam menyelaraskan capaian pembelajaran lulusan dengan profil kompetensi yang dibutuhkan masyarakat dan dunia pendidikan saat ini.
Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan sambutan pembukaan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPY, Dr. Esti Setiawati, M.Pd, yang menegaskan pentingnya sinergi antara kampus dan dunia luar dalam pengembangan kurikulum yang responsif, relevan, dan kontekstual. Dilanjutkan dengan pemaparan materi utama oleh Bapak Miftakodin, Ketua Tim Pengembang Kurikulum SMA dari Disdikpora DIY, yang memberikan wawasan mendalam tentang arah pengembangan kurikulum nasional serta pentingnya integrasi nilai-nilai keterampilan abad 21 dalam kurikulum pendidikan, khususnya dalam konteks Bimbingan dan Konseling. Materi ini menjadi bekal penting dalam proses peninjauan dan penguatan substansi kurikulum yang berbasis luaran (OBE).


Acara juga menghadirkan dua alumni Prodi BK UPY, yakni Bagus Kurniawan, M.Pd dan Aninda Shandi Putri, S.Pd, yang menyampaikan pengalaman dan harapan mereka terhadap kompetensi lulusan BK saat ini. Kedua alumni tersebut menekankan perlunya penguatan keterampilan praktis, digitalisasi layanan, dan penguasaan pendekatan konseling terkini dalam kurikulum. Adapun Tim Pengembang Kurikulum OBE Prodi BK UPY terdiri dari Drajat Edy Kurniawan, M.Pd, Dr. Iis Lathifah Nuryanto, M.Pd, dan Rizki Erdiantoro, M.Pd yang memimpin jalannya diskusi teknis dan workshop kurikulum. Kegiatan berlangsung hingga pukul 12.00 WIB dan menghasilkan sejumlah rekomendasi strategis yang akan dijadikan dasar revisi kurikulum Prodi BK UPY. Harapannya, lulusan BK UPY mampu menjadi konselor profesional yang adaptif terhadap dinamika sosial, tangguh secara etis, dan unggul dalam keterampilan layanan di era digital.